05
Nov

Cara Memaksimalkan Sosial Media Sebagai Alat Marketing dan Advertising

Sosial media telah menjadi aspek penting dari sektor usaha, khususnya dalam menyebarkan informasi dan mengumpulkan orang untuk mengecheck produk, jasa dan merek. Bisnis terus menggunakan pemasaran sosial media untuk mengumpulkan cukup umpan balik dari orang-orang.

Pada artikel ini, saya akan menampilkan tips pemasaran sosial media yang efektif untuk event organizer untuk mendapatkan lebih banyak peserta dan pengikut.

1. Dapatkan eksposur media

Media sosial dapat menjadi alat Anda dalam menghubungkan dengan orang yang tepat untuk menghadiri acara.Anda, tetapi juga dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang dapat membantu Anda mengiklankan acara Anda. Anda dapat memanfaatkan Twitter atau LinkedIn dalam menghubungkan dengan orang-orang media dalam event Anda. Namun, hindari secara murni menjelaskan tentang bisnis Anda dan membangun hubungan pribadi dengan mereka. Membangun kesan abadi dan mengharapkan mereka untuk terus mempromosikan pekerjaan Anda, acara, produk atau jasa di masa depan. Jika Anda bisa, bermitra dan bekerja dengan nama-nama besar dalam bisnis, kemudian membiarkan mereka menyebutkan Anda dalam intro mereka. Anggap saja sebagai konser Anda menjadi band pembuka yang mengambil alih panggung. Bahkan eksposur kecil bisa menjadi bantuan besar untuk promosi Anda.

2. Menggunakan video teaser 

Dengan bantuan platform seperti YouTube dan Vimeo, menjadi lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirim iklan video tentang produk merek atau event mereka. Video online telah dijuluki “konten marketing masa depan”, terutama dengan jangkauan yang besar (100 juta pengguna internet menonton video online setiap hari). Penerbitan video teaser adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang dan dapat menjadi cara cepat untuk  mempromosikan acara Anda melalui link dibagikan. Anda juga dapat membuat video pendek untuk dibagikan di Instagram dengan hastag event yang sesuai. Hastag merupakan bagian penting dari kesuksesan event dari marketing di sosial media.

3. Memperluas sumber daya Anda 

Event organizer membutuhkan keterampilan yang serius, karena Anda harus menyeimbangkan setiap aspek dari acara Anda dengan mengorganisir dan meminimalkan faktor-faktor negatif lainnya. Jelas, Anda tidak dapat melakukan ini sendiri sehingga Anda harus cerdik menggunakan setiap sumber daya. Anda juga dapat menemukan dan bergabung dengan kelompok media sosial yang memiliki anggota di bidang yang sama seperti Anda, dan belajar dari orang-orang yang telah melakukan event organizer yang jauh lebih lama dari yang Anda. Akhirnya, ini bisa berjalan dua arah karena Anda juga akan membuat lebih banyak koneksi dalam bisnis. Jika Anda telah membina hubungan baik, Anda bisa mengambil koneksi ini sebagai keuntungan Anda.

4. Membangun halaman event 

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah untuk membuat laman acara khusus seperti sosial resmi dan situs web. Ini akan berfungsi sebagai dasar rumah untuk semua informasi yang berhubungan dengan acara mendatang seperti pendaftaran, dll. Ini adalah cara yang efektif untuk mengarahkan pengunjung potensi untuk informasi yang mereka butuhkan. Periksa halaman sesering mungkin dan mengatasi setiap pertanyaan orang sebanyak yang Anda bisa. Ini akan menandakan event Anda telah terorganisir dengan baik dan Anda memiliki pegangan yang kuat dengan apa yang sedang Anda perisapkan.

5. Terus memperbarui sosial media selama dan setelah acara 

Tugas Anda untuk membangun hubungan sosial tidak berakhir setelah acara. Acara halaman sosial perlu terus diperbarui selama acara dan bahkan setelah acara. Sementara acara ini berlangsung, Anda terus-menerus dapat mengambil gambar dan video sedang berlangsung, mengumumkan hadiah dan kontes, dan meminta peserta untuk berbagi pengalaman mereka menggunakan hashtag resmi. Setelah pertunjukan, Anda dapat menggunakan daftar yang sama dari orang untuk mengirimkan email setiap kali Anda memiliki acara yang mendatang yang mungkin menarik bagi mereka. Selalu berterima kasih kepada mereka karena telah berpartisipasi dan mengikutinya dengan baik. Anda juga dapat merekap acara bersama dengan link ke halaman lain Anda sosial media untuk memperkuat hubungan bisnis.