09
Apr

Tips Mengadakan Bazar di Mall, Ada 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Mengadakan bazar atau pameran di Mall merupakan cara paling efektif untuk memperoleh trafik dari pengunjung mall. Biasanya dengan mengadakan bazar ini dihandle oleh Event organizer yang bertujuan untuk mempertemukan penjual dan pembeli.

Bazar yang dilakukan di Mall juga biasanya sesuai dengan tema, misalnya bazar makanan, bazar otomotif, buku dan lain sebagainya. Ada juga bazar yang tidak sesuai dengan tema dan bercampur, sehingga siapa saja bisa berkunjung dengan harga yang terjangkau bahkan gratis,

Bagi Sobat WRS, pemilik bisnis ingin mengadakan atau membuka stand bazar ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tipsnya:

1. Lakukan kunjungi lokasi mall

Tips pertama sebelum mengadakan bazar atau pameran adalah melakukan kunjungan ke lokasi mall.  Pastikan lokasi bazar memiliki lokasi strategis, parkir luas, dan mudah dijangkau oleh siapapun.

Mengunjungi lokasi menjadi tips yang penting karena tidak semua mall berpotensi untuk dijadikan bazar atau pameran. Dengan melakukan kunjungan lokasi terlebih dahulu maka Sobat WRS bisa memenuhi ekspektasi calon pengunjung bazar agar semuanya serba tepat.

2. Persiapkan SDM sesuai dengan pengalaman dan kemampuan

Tips kedua adalah merekrut SDM yang memiliki kemampuan dan pengalaman pada pelaksanaan bazar di mall. Sobat WRS bisa menjaring SDM sebagai panitia bazar dengan melakukan survey, mengadakan rekruitmen secara formal untuk mendapatkan SDM yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan.

3. Menjalin kerjasama dengan pihak lain

Demi kelancaran terselenggarannya bazar, Sobat WRS perlu untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain. Misalnya, dengan pengelola mall, brand-brand yang ada di mall, hingga bekerja sama dengan pemerintahan setempat. Selain mendukung kelancaran, Bazar yang akan Anda adakan bisa mendapatkan dukungan dan exposure dari pihak-pihak tertentu.

4. Melakukan sponsorship

Mengadakan bazar tentunya akan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Bila memungkinkan Sobat WRS juga bisa mengajukan sponsorship kepada perusahaan-perusahaan yang relevan dengan bazar. Sobat WRS bisa menawarkan benefit kepada perusahaan calon pemberi sponsor seperti, ruang promosi pada spanduk, penempatan logo di stand, flyer, atau adlibs untuk acara di panggung.

5. Menentukan waktu yang tepat

Tips yang tidak kalah penting adalah menentukan waktu yang tepat. Adakan bazar di saat hari besar misalnya, saat ramadhan dengan melakukan bazar makanan, atau mendekati lebaran dengan bazar baju-baju lebaran, atau hari libur besar. Pastikan Anda mengadakan Bazar saat libur atau dalam rangka perayaan, karena pada waktu tersebut lebih berpotensi dikunjungi oleh banyak pengunjung, karena tidak terhalang oleh kerja, sekolah atau urusan lainnya.

6. Menyiapkan infrastruktur yang diperlukan

Sebelum mengadakan bazar Sobat WRS perlu mempersiapkan peralatan dan infrastruktur yang dibutuhkan. Disini Anda bisa bekerja sama dengan para vendor infrastruktur bazar seperti, meja, kursi, panggung, dan lain sebagainya. Anda juga perlu melakukan perizinan kepada pihak mall untuk memakai fasilitas umum yang akan digunakan saat bazar berlangsung.

Itulah tips mengadakan bazar dari PT Wahana Rezeki Sempurna. Hal yang perlu diingat adalah bazar memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk, maka dari itu selain menerapkan 5 tips di atas, Sobat WRS juga perlu memiliki strategi yang ciamik.

Salah satu strateginya adalah bekerjasama dengan event organizer. Percayakan pada PT Wahana Rezeki Sempurna, kami sudah berpengalaman dalam melaksanakan bazar mulai dari merancang konsep acara hingga eksekusi. Sobat WRS pun tidak perlu khawatir karena kami menawarkan paket penyelenggaraan pameran dengan harga yang disesuaikan dengan budget kalian. Jadi, tunggu apalagi? Segera konsultasikan kebutuhan bazar dengan PT. Wahana Rezeki Sempurna.