06
May

Wajib Dicoba! Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif

Anda ingin membuka bisnis? pastikan Anda sudah mengetahui target konsumen Anda. Baik itu bisnis pakaian, teknologi, maupun kecantikan Anda harus juga membaca trend yang akan berpengaruh untuk beberapa tahun kedepan. Disini Anda dapat menarik konsumen dengan strategi pemasaran.

Untuk mencapai target konsumen dan memaksimalkan penjualan, perusahaan membutuhkan strategi pemasaran guna memperkenalkan produk atau brand secara luas. Adapun langkah-langkah yang harus dilalui. Berikut ini adalah strategi pemasaran praktis yang dapat Anda terapkan:

Ketahui Target Pasar Anda Terlebih Dahulu

Sumber foto: Pexels

 

Langkah awal untuk mengenali target pasar adalah dengan melakukan riset. Semakin detail target pasar yang Anda bidik, semakin besar pula mencapai kesuksesan. Contohnya adalah apabila Anda berbisnis daster, maka Anda dapat menargetkan wanita yang sudah menikah berumur 35-45 tahun.

Pahami Product Knowledge Secara Mendalam

Sumber foto: Pexels

  

Memahami product knowledge merupakan langkah awal untuk memulai pemasaran. Product knowledge adalah pengetahuan yang detail dan mendalam terkait produk Anda. Calon konsumen akan sangat percaya dengan Anda apabila Anda sangat menguasai product knowledge.

Pelajari Tentang Customer Journey

Langkah selanjutnya adalah mempelajari tentang customer journey. Customer journey merupakan tahapan calon konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk atau tidak. Contoh cara pemasaran produk teknik customer journey:

    1. Timbul ketertarikan:
      Target pasar ingin membeli handphone karena handphone sebelumnya rusak. Anda sebagai pebisnis bisa menyediakan informasi bahwa toko Anda menjual handphone dengan beberapa keunggulan.
    2. Pengumpulan informasi:
      Calon pembeli mencari informasi lebih jauh terkait handphone yang bagus dan sesuai dengan kebutuhannya. Anda sebagai pebisnis bisa membantu calon konsumen dengan menggali lebih dalam spesifikasi handphone sesuai dengan kebutuhan konsumen.
    3. Pencarian pilihan
      Setelah target market telah memahami kebutuhannya, selanjutnya mereka akan mencari produk yang tepat sesuai kebutuhan. Anda bisa memberikan solusi atas masalah mereka. Misalnya menyarankan beberapa jenis handphone sesuai keperluan target pasar.
    4. Membuat keputusan pembelian
      Setelah konsumen memiliki banyak informasi dan merasa yakin, pada akhirnya mereka akan memutuskan untuk membeli produk atau tidak. Apabila memutuskan membeli produk, mereka juga telah mempertimbangkan jenis produk handphone yang akan dibeli.

Buat Angle Pemasaran Sesuai Mindset Target Market

Sumber foto: Pexels

 

Selanjutnya, cara pemasaran yang ampuh adalah memasarkan produk dengan menggunakan angle pemasaran berdasarkan pola pikir target pasar. Ketika Anda telah menetapkan target market, langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat strategi pemasaran sesuai dengan pola pikir mereka.  Contohnya, yaitu ketika Anda menjual makanan untuk anak kosan. Biasanya pola pikir anak kosan saat membeli makan adalah mencari tempat makan dengan harga murah. Anda bisa memberikan promosi tempat makan dengan memasang harga yang ramah buat anak kosan. Anda juga bisa menawarkan “surprise” berupa teh gratis kepada mereka.

Serang Sisi Psikologis Calon Konsumen

Menyerang sisi psikologis calon pembeli patut dicoba sebagai cara pemasaran yang baik. Anda bisa memainkan psikologi calon konsumen untuk menanamkan produk Anda menjadi top of mind. Cara ini seperti teknik soft-selling. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat limitasi berupa keterbatasan edisi, waktu, stock, dll. Dengan promosi ini, konsumen akan terpacu segera membeli produk karena takut kehabisan.

Optimalkan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Social Media

Era sekarang, media sosial merupakan media yang paling ampuh untuk mempromosikan produk. Selain banyak orang yang mengaksesnya, jangkauan media sosial juga tidak terbatas oleh wilayah ataupun waktu. Langkah pertama, Anda bisa nih buat sosial media khusus bisnis dan disana Anda masukkan konten-konten informatif, dimana informasi terkait produk Anda. Bisa dibilang media sosial bukan hanya sebagai media pemasaran melainkan media untuk Anda membranding usaha juga.

Terapkan Flywheel Marketing


Sumber foto: Pexels

 

Menerapkan flywheel marketing dalam bisnis merupakan cara pemasaran produk yang baik. Flywheel marketing adalah model strategi pemasaran yang berfokus pada pengalaman target pasar. Penekanan flywheel marketing adalah dengan pemberian surprise kepada pelanggan dan customer oriented.
Begitulah strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan, dapatkan berbagai kebutuhan pemasaran Anda di pameran dengan mengunjungi https://wrs-eo.com/