12
May

Konsep Dekorasi Toko Unik Dan Menarik Pembeli

Berjualan tidak hanya bicara produk yang dijual saja. Melainkan ada, target pasar, modal, dan juga sisi estetikanya. Ya, betul ada sisi estetika. Baik toko online, maupun toko offline, Anda harus mempercantik toko Anda supaya menarik perhatian calon pembeli! Kehadiran toko offline memudahkan pembeli saat ingin menukar barang yang dibelinya secara online. Sedangkan toko online untuk memperluas jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Memang Benar, modal dan effort untuk mendesain toko tidaklah kecil. Namun Anda akan mendapatkan banyak manfaat saat dekorasi toko Anda menarik pelanggan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Menarik minat calon pembeli untuk datang langsung ke toko dan meningkatkan prosentase closing rate yang lebih tinggi
  • Memamerkan produk-produk yang dijual dengan promo menarik
  • Memperkuat branding toko agar menjadi top of mind
  • Meningkatkan penjualan dan pengalaman pembeli di toko Anda
  • Menambah kredibilitas toko Anda di mata pembeli.

Menurut Ship Early, pembeli tetap loyal untuk datang ke toko langsung dengan berbagai alasan, seperti menemukan produk baru sebesar (85%), percaya kepada toko local (68%) dan bisa menukar barang langsung (68%). Berkunjung ke toko fisik memang membantu pembelian produk lebih mudah seperti pemasangan langsung, dan mendapatkan informasi langsung produk/jasa yang ditawarkan.

Lalu, apa saja sih elemen penting dekorasi toko yang menarik pembeli? Yuk, baca sampai akhir!

Prinsip Desain Untuk Toko

Sumber foto: Pexels

 

Kehadiran sebuah toko memiliki tujuan untuk menciptakan kepercayaan calon pembeli sehingga menjual lebih banyak barang dan memperoleh keuntungan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pelanggan untuk memutuskan membeli produk, diantaranya kesesuaian produk, kualitas, harga, gaya layanan, dan faktor yang sangat diperlukan yaitu pengalaman pelanggan yang berkesan. Sehingga Anda harus menghadirkan dekorasi yang menarik agar pelanggan, merasa nyaman saat masuk toko Anda.

Dekorasi toko tergantung dari jenis usahanya

Sumber foto: Pexels

 

Mengidentifikasi jenis usaha menjadi hal yang sangat penting. Kenapa? Karena jenis usaha perlu disesuaikan dengan tema dekorasi toko yang dibangun. Contohnya adalah Anda berbisnis kue. Tentu saja, dekorasi toko kue Anda akan berbeda dengan dekorasi toko baju atau toko sepatu.

Definisi target market menentukan dekorasi toko

Sumber foto: Pexels

 

Anda perlu mendefinisikan secara jelas siapa target market yang Anda bidik. Apa saja minat mereka, bagaimana status sosial dan status ekonominya, dimana mereka berkumpul, dan bagaimana mereka bisa menemukan lokasi toko Anda. Dekorasi toko yang ideal adalah dekorasi yang sesuai dengan siapa target marketnya.

Menentukan tema

 

Sumber foto: Pexels

 

Langkah selanjutnya adalah menentukan tema. Tema dekorasi toko Anda harus sesuai dengan produk yang Anda jugal dan target market. Contohnya jika bisnis Anda adalah kue dengan target market kelas menengah dan harganya premium, maka pilihan tema dekorasi toko yang sesuai adalah tema dengan warna-warna pastel atau serba putih. Namun, apabila Anda akan berbisnis pakaian dengan konsep distro, maka dekorasi toko minimalis bisa menjadi pilihan.

Ciptakan pengalaman belanja yang berkesan lewat branding

Akan lebih menarik apabila dekorasi toko yang Anda pilih bisa menonjolkan produk apa yang Anda jual sehingga menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan, seperti tema industrial yang diterapkan pada toko baju ataupun kafe-kafe. Bisa juga temanya chic, fresh, dan colorful, maka Anda bisa menggabungkan warna-warna terang sebagai warna dominan untuk toko Anda, supaya membantu meningkatkan brand awareness. Yang paling utama ialah dekorasi toko Anda tidak  mengganggu kenyamanan calon pembeli saat berbelanja.

 

Itulah prinsip dan konsep dekorasi toko yang bisa Anda terapkan untuk toko online maupun offline Anda. Dapatkan berbagai kebutuhan pemasaran Anda di pameran dengan mengunjungi https://wrs-eo.com/