19
May

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Manajemen Keuangan UMKM

Terjun di dunia bisnis yang kompetitif dengan skala UMKM adalah pengalaman yang menyenangkan dan berisiko. Setiap UMKM perlu memperhatikan berbagai masalah bisnis yang kompleks di setiap aspek. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah mengatur Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan merupakan parameter lajunya bisnis dalam berbagai kondisi ekonomi yang tidak stabil dan persaingan bisnis yang ketat. Jika Anda pelaku UMKM, perlu berhati-hati dengan setiap keputusan yang Anda ambil sejak awal berdiri.

Dampak yang dirasakan UMKM pada saat pandemi adalah permasalahan keuangan yang cukup berat karena penurunan pendapatan.  Menurunnya pendapatan menyebabkan UMKM mengalami kesulitan dalam segala hal operasional bisnis dan tetap harus berproduksi. Pelaku UMKM harus memiliki keahlian dalam mengelola keuangan. Baik memisahkan aset usaha dengan aset pribadi, merencanakan, mengelola biaya, dan melakukan evaluasi atas setiap biaya yang sudah dikeluarkan.

Poin-Poin Penting Dalam Manajemen Keuangan UKM

Dalam menyusun manajemen keuangan UMKM, poin penting yang harus diperhatikan diantaranya:

Akses Permodalan

 

Sumber foto: Pexels

 

Manajemen keuangan sangat diperlukan oleh UMKM, agar usaha yang dijalankan tidak kehabisan sumber dana. Sebagian besar pelaku UMKM mengandalkan pendanaan dari modal sendiri sebagai modal utama, sehingga tidak begitu memperhatikan pengelolaan keuangan. Manajemen keuangan yang baik, menjadi kunci sukses bagi UMKM untuk dapat mengakses sumber pendanaan dari eksternal.

Memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis

Manajemen keuangan UMKM bisa berantakan apabila kurang disiplin dalam memisahkan keuangan pribadi dengan perusahaan. Kondisi ini masih sering dijumpai pada para pebisnis pemula. Rancunya pencatatan keuangan mengakibatkan sulitnya memonitor bisnis yang tengah berjalan benar-benar menguntungkan atau tidak. Langkah bijak yang harus dilakukan adalah membuka rekening tabungan tersendiri untuk menyimpan dana yang berkaitan dengan bisnis.

Bijak mengatur pengeluaran

Sumber foto: Pexels

 

Tekankan prinsip prioritas bisnis dalam mengeluarkan uang perusahaan. Anda bisa membuat anggaran dengan daftar prioritas pengeluaran kebutuhan. Pastikan setiap pembelanjaan bukanlah pemborosan semata namun bentuk investasi yang membawa keuntungan. Dalam manajemen keuangan, perencanaan keuangan sangatlah penting karena sebagai wujud meminimalkan resiko kerugian.

Melakukan pencatatan keuangan dengan tertib

Langkah mudah manajemen keuangan UMKM adalah tertib mencatat setiap transaksi yang berlangsung. Inilah peran buku kas untuk mendokumentasi setiap penerimaan dan pengeluaran aliran dana bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengendalikan arus kas dengan cara konsolidasi saldo dengan data dokumentasi keuangan. Menghitung laba rugi pun jadi lebih mudah karena ada bukti-bukti konkrit pengeluaran dan pendapatan yang diperoleh.

Mengendalikan arus kas

Sumber foto: Pexels

 

Untuk mengendalikan arus kas, alias cash flow dalam bisnis ada dua bagian yang penting untuk diperhatikan, yaitu stok barang dan utang. Anda perlu mempunyai keahlian dalam persiapan dana untuk restock produk dan membayar angsuran pinjaman. Tetaplah bijak dalam mengatur pengeluaran dengan membaginya dalam pos investasi, tambahan modal, serta simpanan darurat. Gaji-lah diri Anda sendiri walaupun Anda bekerja di bisnis sendiri.

Gunakan Software Akuntansi

 

Sumber foto: Pexels

 

Dengan kemajuan teknologi, UMKM perlu menggunakan Software Akuntansi untuk mengelola manajemen keuangan usahanya. Dengan software akuntansi, UMKM dapat mengelola keuangan bisnis lebih mudah, mulai dari memonitor kondisi keuangan, mengelola stok barang, aset perusahaan, tagihan, penjualan, membayar pajak, dan masih banyak lagi. Dengan software akuntansi, Pebisnis UMKM juga bisa membuat anggaran bisnis lebih cepat dan membuat keputusan bisnis lebih akurat.

 

Manajemen keuangan UMKM berperan penting dan menjadi perhatian agar bisnis yang dijalankan berjalan dengan baik. Disiplin dan tertib melakukan aktivitas keuangan merupakan kunci membantu Anda meraih tujuan bisnis Anda. Dapatkan berbagai kebutuhan pemasaran Anda di pameran dengan mengunjungi https://wrs-eo.com/