20
Jun

4 Tips Menciptakan Inovasi

Menjalankan bisnis bukan perkara mudah, apalagi saat memiliki keinginan untuk melakukan banyak pengembangan dan perencanaan jangka panjang. Hal ini membuat hampir semua pebisnis harus memiliki sikap atau rasa ingin tahu yang tinggi untuk terus berinovasi dan mencoba berbagai hal baru untuk bisnisnya.

Perkembangan dunia teknologi membuat siapapun dengan mudah untuk mencari informasi dan sumber ide bisnis yang baru. Inovasi pun akan terus dilakukan untuk mendapatkan pasar yang jauh lebih luas lagi sehingga mendapatkan pelanggan yang jauh lebih banyak lagi.

Tapi tahukah Anda inovasi yang seperti apa yang bisa membuat bisnis berkembang? Simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda.

1. Dengarkan setiap feedback yang masuk, baik atau buruk

Tak hanya perusahaan raksasa seperti Google atau Microsoft, inovasi bisnis UMKM juga sudah seharusnya mulai memanfaatkan arti feedback pelanggan agar bisnisnya bisa terus maju. Feedback adalah timbal balik konsumen tentang produk bisnis Anda, apakah disukai? Atau tidak disukai? Jika tidak disukai, apa yang bisa diperbaiki agar konsumen bisa menyukai produk Anda? Jadi, feedback adalah salah satu bahan materi pengambilan keputusan dalam inovasi kualitas suatu produk.

2. Lakukan brainstorming

Salah satu sesi yang tidak boleh terlewatkan dalam mendapatkan ide terbaik untuk inovasi bisnis adalah brainstorming. Cara ini dinilai paling efektif untuk memunculkan inovasi dan menghasilkan ide baru untuk bisnis. Lakukan saja brainstorming bersama tim kerja setiap beberapa kali dalam waktu yang Anda tentukan. Seperti sekali dalam 1 bulan sekali.

Terdapat beberapa teknik brainstorming yang bisa Anda terapkan, diantaranya adalah Brainstorming “Bagaimana Jika”, Charrette, Brainstorming Kreatif Radikal, Trigger Storming, Brainstorming Anak Tangga, Figure Storming, Berpikir Terbalik, Role Storming, Brain-Netting (Brainstorming Online), Starbursting, Brainstorming Terbalik, Gap Filling, Lima Mengapa, Brainwriting (Atau Slip Writing)

3. Gunakan ide orang lain

Jika Anda kesulitan menciptakan dan mendapatkan ide bisnis yang baru, cobalah mencari dan mengadaptasi ide dari orang lain. Teknik ini biasa disebut teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Prinsip ATM adalah sebuah prinsip bisnis yang sudah tak asing lagi. Bahkan, metode ini juga bisa diterapkan dalam membuat inovasi bisnis. Contohnya adalah dengan meniru ide dari perusahaan Google. Seperti menciptakan suasana kerja seperti mereka, mengadaptasi kebijakan dan praktek perusahaan lainnya akan sangat efektif, serta dinilai memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

4. Cari solusi kreatif

Berinovasi adalah cara dimana pebisnis menghasilkan ide-ide dan menempatkan ide ke dalam tindakan dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dalam sebuah bisnis masalah yang akan dihadapi bukanlah masalah yang biasa-biasa saja. Bahkan mungkin cenderung sulit untuk diselesaikan dengan cara yang biasa. Itulah yang membuat pebisnis harus mau mencari solusi kreatif untuk masalah yang dimiliki.

Anda bisa melakukan traveling ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Bawalah sebuah notebook untuk mencatat semua ide. Tidak penting notebook ini Anda buat secara offline di buku ataupun online di tools seperti Evernote, yang penting bagi Anda itu mudah dibawa, dibuka kembali, dan mudah untuk dibagikan ke orang lain.

Jika Anda berpikir bisnis harus memiliki modal yang besar saja, maka mungkin Anda masih belum tahu. Bahwa ada ide, inovasi dan tindakan yang akan membuat bisnis Anda jauh lebih sukses dari yang sekedar Anda bayangkan bahkan impikan.

 

Selamat mencoba 🙂