04
Jul

UMKM Ingin Sukses? Inilah 7 Tips Mengembangkan UMKM

Saat ini telah banyak UMKM (Usaha Kecil Menengah) yang berkembang di masyarakat. Akan tetapi berbagai permasalahan juga tak luput dari berdirinya UMKM tersebut. Mulai dari tidak konsisten dalam menjalankannya hingga sulitnya mengembangkan UMKM. Dalam mengembangkan bisnis UMKM tentu membutuhkan strategi dan analisis yang tepat sehingga bisnis UMKM dapat berkembang dan mengalami kemajuan. Nah, inilah 7 tips mengembangkan bisnis UMKM agar berkembang.

1. Melakukan Analisis SWOT

Dalam merintis bisnis UMKM tentu jangan melupakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Anda harus mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk membuat UMKM dapat berkembang.

Tanpa melakukan analisis SWOT arah tujuan Anda mungkin akan sulit untuk tercapai. Pasalnya Anda tidak mengetahui apa yang seharusnya Anda lakukan terhadap berbagai ancaman dan kelemahan yang ada. Disamping itu penting sekali untuk bisa menangkap peluang dan kekuatan yang Anda miliki agar bisnis UMKM dapat bersaing di pasaran.

2. Merancang Business Plan

Tidak kalah dengan analisis SWOT, Business Plan juga dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengawali UMKM Anda. Business Plan merupakan rancangan yang disusun agar bisnis yang dijalankan dapat terarah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Mungkin tanpa menggunakan business plan yang matang, UMKM Anda akan berjalan tanpa arah yang tepat.

Analisis SWOT jadi modal yang penting dalam pembentukan business plan. Business plan harus disusun dengan tepat dan efektif sehingga dapat menghindarkan dari berbagai masalah dan hambatan yang mungkin akan terjadi. Ini dapat meminimalisir pemborosan hingga kerugian.

3. Melihat Segmentasi Pasar

Mengetahui segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui arah mana yang harus diambil dalam memenangkan bisnis di pasaran. Tidak mengetahui segmentasi pasar yang tepat merupakan suatu hal yang fatal dalam bisnis. Pasalnya kita akan sulit dalam menemukan target konsumen yang dituju.

Dalam membangun bisnis UMKM sangat perlu mengetahui segmentasi pasar yang tepat. Segmentasi pasar akan membuat bisnis Anda berjalan dengan pesat. Pasalnya Anda dapat memenangkan pasar lebih besar.

4. Transformasi Digital

Bisnis UMKM harus merambah ke dunia digital agar semakin berkembang. Saat ini media sosial dan marketplace sangat mempengaruhi kemajuan sebuah bisnis. Dengan melakukan transformasi digital, Anda akan mendapatkan target pasar yang lebih luas dan membangun branding.

Tanpa melakukan transformasi digital di era sekarang, bisnis UMKM akan cenderung tidak berkembang dengan pesat. Pasalnya konsumen akan sebatas di satu tempat saja. Beda hal dengan menggunakan media sosial maupun marketplace, dimana target konsumen akan lebih bervariasi dari berbagai tempat.

5. Menjalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Menjalin hubungan baik dengan konsumen mungkin menjadi salah satu hal yang diabaikan dalam berbisnis. Padahal loyalitas terhadap konsumen merupakan hal yang sangat mempengaruhi penjualan. Membangun komunikasi yang baik dengan konsumen merupakan salah satu kunci untuk mengembangkan UMKM Anda.

Hubungan baik terhadap konsumen dapat berupa memberikan respon positif ketika konsumen memberikan saran, masukan bahkan kritik. Dengan service yang baik akan besar kemungkinan jika konsumen tersebut melakukan repeat order di waktu selanjutnya.

6. Memberikan Customer Experience yang Positif

Dengan memberikan customer experience yang positif, bisnis Anda akan semakin berkembang. Pengalaman berkesan yang berkesan yang diberikan kepada konsumen akan meningkat target penjualan. Pastinya konsumen akan membicarakan dari mulut ke mulut service terbaik yang Anda lakukan.

Ini akan menjadi nilai plus dalam membangun branding bisnis Anda. Usahakan untuk konsisten dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Pasalnya, hal tersebut dapat mendatangkan konsumen lain sehingga target penjualan dapat meningkat.

7. Melakukan Evaluasi Berkala

Evaluasi berkala merupakan hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan melakukan evaluasi berkala Anda akan mengetahui kekurangan yang perlu diperbaiki. Evaluasi berkala juga dapat membuat bisnis Anda berjalan sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan.

Dengan melakukan evaluasi berkala Anda dapat mengetahui sektor mana yang sudah bekerja dengan baik dan sektor mana yang perlu dibenahi. Sehingga ini akan menentukan langkah kedepannya. Selain itu, juga dapat meminimalisir adanya kesalahan di depan.

Bagaimana, cukup mudah untuk diterapkan bukan? Dalam mengembangkan bisnis UMKM diperlukan strategi yang tepat agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang dicapai. Selain itu, tidak kalah penting juga untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis yang sudah berjalan. Dapatkan berbagai kebutuhan pemasaran Anda dengan ikut serta dalam pameran WRS yang berada di Seluruh Indonesia, info lebih lanjut Hubungi Kontak kami sekarang!