02
Aug

Tips Mencari Pelanggan Ideal untuk Produk Anda

Hal yang selalu berbarengan dengan bisnis adalah pelanggan. Ini adalah sebuah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Saat akan memulai bisnis, tentu saja kita akan memikirkan siapa yang akan menjadi pelanggan kita bukan? Hal penting yang perlu kita ketahui adalah, tidak semua pelanggan adalah pelanggan ideal Anda. Terutama jika produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki segmen pasar yang spesifik. Lantas siapa pelanggan ideal itu?

Pelanggan ideal merupakan sebuah golongan pembeli yang memiliki ikatan kuat dengan produk atau jasa Anda. Hal ini terjadi karena produk yang Anda berikan mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mereka, jika produk anda telah disukai dan memberikan kepuasan, maka mereka akan memberikan loyalitas yang kuat terhadap produk Anda.

Pelanggan yang telah merasakan keterikatan secara emosional terhadap produk Anda, mereka tidak lagi membutuhkan banyak syarat untuk terus membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan. Pelanggan ideal juga sulit berpaling kepada pesaing. Seiring dengan pertumbuhan produk atau jasa Anda, Anda tentu memerlukan golongan pelanggan untuk membantu bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang dengan inovasi yang Anda luncurkan. Berikut adalah beberapa tips mencari pelanggan ideal untuk produk atau jasa Anda:

1. Kenali Target Pasar

Saat akan memulai bisnis, yang harus dilakukan pertama kali ialah mencari target pasar. Kita perlu mengetahui siapa yang akan membutuhkan produk kita, hingga mencari tahu dimana mereka biasa berkumpul. Kenali lebih dahulu target pasar kita. Dengan demikian Anda dapat fokus dalam pengembangan produk yang lebih spesifik agar mereka mau terus berlangganan.

2. Memberi Umpan

Jika Anda telah memiliki pelanggan, maka langkah selanjutnya ialah memberi umpan kepada pelanggan anda. Cari tahu faktor-faktor apa saja yang mereka sukai, seperti promo buy 1 get 1, bonus gratisan, suka produk dengan harga terjangkau atau yang langsung beli harga mahal. Setelah itu berikan mereka umpan tersebut, jika mereka tertarik dan mengambil umpan yang Anda berikan, maka kamu telah berhasil memegang kendali terhadap pasar Anda.

3. Memberi Penawaran Kembali

Jika telah mendapatkan pelanggan, Anda juga perlu memberikan penawaran kembali kepada mereka. Bisa dengan mengajak mereka untuk beli produk dengan harga yang paling murah terlebih dahulu, jika pelanggan mengambil penawaran tersebut, maka kamu bisa tawarkan kembali produk yang agak mahal, jika ada yang beli produk Anda kembali, tawarkan kembali dengan produk Anda yang paling mahal. Terus ulangi langkah ini. Karena pelanggan yang membeli produk termahal Anda itulah pelanggan ideal anda.

Dengan begitu, produk apapun yang akan Anda jual maka kemungkinan mereka akan membeli produk Anda akan lebih tinggi. Tugas selanjutnya yang perlu dilakukan adalah terus menjalin komunikasi terhadap pelanggan-pelanggan tersebut. Manajemen hubungan pelanggan yang baik mampu menciptakan kepuasan pelanggan. Alhasil, pelanggan yang puas itu tetap setia dan bahkan menceritakan hal-hal yang baik tentang produk atau jasa Anda kepada orang lain.

Itu dia beberapa tips mencari pelanggan ideal bagi produk Anda, semoga tips ini dapat membantu.