08
Aug

Cara Survive Bisnis di Tengah Pandemi

Wabah pandemi COVID-19 yang terjadi sejak akhir 2019 hingga saat ini memang memiliki dampak besar dan melumpuhkan banyak faktor, mulai dari ekonomi, politik, hingga pendidikan. Pandemi ini mengharuskan sekolah dan perusahaan mengganti aktivitas rutinnya secara daring, bahkan banyak perusahaan yang juga melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Banyak dari mereka yang kemudian banting stir dan akhirnya memulai bisnis. Hal ini membuat persaingan bisnis semakin ketat di tengah pandemi COVID-19 yang melanda. Ada  beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk dapat survive di tengah pandemi ini, berikut ulasannya.

1. Kepedulian dan Dampak Positif

Pandemi COVID-19 tentu sangat berdampak bagi banyak orang. Mulai dari duka hingga masalah ekonomi. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah kepedulian. Tunjukkan kepedulian dalam merespons pandemi ini. Selain fokus mempromosikan produk Anda, memberikan dukungan kepada publik juga diperlukan. Anda bisa memberikan fakta-fakta mengenai COVID-19 atau anjuran-anjuran yang akan berguna bagi kepentingan bersama.

Dalam mempromosikan suatu produk, Anda juga harus berhati-hati. Hindari kata-kata atau tindakan yang terlihat bahwa Anda mencari keuntungan atau memanfaatkan situasi yang sedang terjadi.

2. Membuat Inovasi

Membuat terobosan baru atau inovasi merupakan salah satu cara efektif untuk mengembangkan sebuah bisnis. Hal ini juga akan membantu agar bisnis dapat bertahan di tengah pandemi. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya ialah membuat inovasi produk, layanan, dan pemasaran.

Anda perlu melakukan analisis dan juga survei untuk mencari tahu sektor apa yang perlu ditingkatkan dan perlu sebuah terobosan. Persiapkan semuanya secara matang. Dengan begitu keberhasilan dari inovasi pun akan lebih tinggi.

3. Kolaborasikan Antara Penjualan Online dan Offline

Perbedaan antara bisnis online dan offline hanyalah konsep dan metode bisnis yang dijalankannya saja. Namun seringkali pemilik bisnis ragu bahwa mereka bisa melakukan metode ini secara bersamaan atau mengkolaborasikannya dengan baik.

Di era perkembangan digital, para pemilik bisnis bisa memanfaatkan peluang yang sangat besar ini. Anda perlu memiliki visi pemasaran digital. Pemasaran digital akan mempermudah Anda dalam menjangkau pelanggan secara luas. Anda bisa memanfaatkan media online sebagai katalog bisnis digital yang nantinya akan menarik lebih banyak pelanggan ke toko offline untuk melihat visual produk secara langsung. Namun Anda perlu mengetahui terlebih dahulu target pasar Anda agar strategi promosi yang dilakukan mampu tepat sasaran. Pelajari lebih dalam mengenai platform yang akan Anda gunakan, karena setiap platform online memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4. Mengatur Ulang Anggaran

Langkah terakhir ialah mengatur ulang anggaran bisnis Anda. Anggaran tentu hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis, khususnya di situasi pandemi COVID-19 ini. Keuangan yang tidak dikelola dengan baik dan hati-hati bisa berisiko pada kelangsungan bisnis. Cari tahu pemasukan, pengeluaran dan juga kas yang ada. Setelah itu lakukan evaluasi dan membuat perencanaan untuk periode selanjutnya.

Rancang ulang anggaran sesuai dengan proyeksi perubahan. Anda bisa memotong biaya-biaya yang tidak lagi diperlukan. Banyak pelaku bisnis yang akhirnya gagal, bahkan gulung tikar akibat pandemi COVID-19 ini. Itulah mengapa Anda sebagai pemilik bisnis dituntut untuk lebih bijak dalam mengambil keputusan agar operasional bisnis tidak terancam.

Cara-cara ini akan sangat bermanfaat bagi Anda agar mampu bertahan menjalan bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat. Pastikan Anda memilih strategi dan perencanaan yang tepat agar bisnismu tetap bisa berjalan dan mampu bertahan di tengah pandemi saat ini.